Senam Jantung Sehat

Manusia bekerja keras setiap hari. Kita harus memompa darah ke seluruh tubuh selama 24 jam nonstop. Ketika pembuluh darah tersumbat oleh kolesterol atau lemak, kerja jantung makin berat, darah mungkin tak dapat mengalir lancar ke dalam tubuh.

Akibatnya, timbul penyakit stroke, jantung koroner, dan penyakit pembuluh darah lain. Semakin bertambah usia, kemampuan jantung jauh berkurang dibanding saat muda, karenanya perawatan jantung perlu dilakukan agar kerjanya tetap optimal. Salah satu caranya adalah dengan  rutin melakukan senam jantung sehat (SJS).

Gerakan Senam Jantung Sehat telah disesuaikan dengan kerja jantung. Salah satu yang menjadi perhatian utama senam ini adalah denyut nadi. Apabila denyut nadi kita stabil dan sesuai ukuran, berarti kerja jantung bagus.

Senam Jantung Sehat sudah dibuat hingga seri keempat, semua seri cocok segala usia karena hampir seluruh gerakan senamnya cenderung low impact, kecuali untuk seri keempat, gerakannya memang lebih banyak variasi  dan cenderung cepat.

Idealnya seseorang melakukan Senam Jantung Sehat dua kali  dalam seminggu dilakukan dengan disiplin, jika tidak, manfaat senam tidak akan terasa.

Tampak dalam gambar adalah Senam Jantung Sehat yang dilakukan setiap hari Jum’at  bersama  para pegawai dan anggota Dharmayukti Karini di Pengadilan Tinggi Palembang.

 

Iklan

2 responses to this post.

  1. Posted by santi pratiwi on April 25, 2011 at 12:09 pm

    apakah senam jantung juga dapat dilakukan oleh anak-anak muda?
    dan jika dapat, apa saja manfaatnya bagi anak-anak muda?

  2. Sangat bermanfaat utk menjaga kebugaran , sehingga awet muda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: